BERITA UTAMA

TEKNISI

27, April 2016

Yamaha Didik Teknisi Racing Menjadi Handal di YTA Race...

Jakarta – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menggelar pelatihan bagi teknisi Yamaha Racing Team, selama 3 hari, 26-28 April. Aktifitas ini merupakan bagian dari kegiatan Yamaha Technical Academy (YTA) yang telah berlangsung selama beberapa tahun terakhir. Dan sejak tahun lalu, pelatihan difokuskan di motor type sport.

“Kami mengadakan pelatihan ini dengan tujuan supaya teknisi mengetahui settingan terbaik bagi motornya. Jadi layaknya dokter, kami berharap mereka bisa mendeteksi, diagnosa kondisi motor kemudian jika ada problem bisa tahu langkah terbaiknya seperti apa,” kata Wahyu Rusmayadi, Koordinator YTA Race Motorsport PT. YIMM. 

Wahyu menambahkan untuk menjadi juara, ada 4 komponen yang harus dipenuhi yaitu TEAM YANG PROFESIONAL, PEMBALAP YANG PROFESIONAL,  MOTOR YANG KENCANG, dan TEKNISI YANG HANDAL. Keempat elemen ini harus terpenuhi, oleh sebab itu YIMM memberikan pelatihan bagi teknisi Yamaha Racing Team. 

Target dari edukasi yang dilakukan oleh Yamaha Indonesia ini adalah untuk menjadikan Teknisi dari Yamaha Racing Team Yang Profesional & Handal [Specialist]. Ada 22 teknisi dari 9 tim dijadwalkan untu k mengikuti YTA Race kali ini. 9 tim tersebut antara lain Bahtera, Yonk Jaya, Hendriansyah, Ardian’s, Tunggal Jaya Motor, BKMS, SND, Akai Jaya Motor, dan DS Moto. Pada pelatihan kali ini YTA Race akan memberikan edukasi dan transfer pengetahuan tentang Engine R25 dari teori sampai praktik. 

YTA Race tahun ini adalah lanjutan program dari tahun 2015, dimana tahun lalu focus ke Body setting R25 mulai dari suspensi setting, Breaking system, dan pemilihan ban. YTA Race tahun ini akan fokus ke engine dan setting ECU. Di hari pertama tanggal 26 april kemarin, Teknisi Yamaha Racing Team diajarkan mengenai periodic maintenance, cylinder head maintenance. Di hari kedua 27 april dilanjutkan Valve Timing, praktek overhaul engine R25, Transmission.

“Saya sudah rutin mengikut YTA Race, mulai sejak balap era Jupiter Z1 Injeksi. kemudian berlanjut YTA Race Gold dimana saat itu saya mendapatkan ilmu mengenai maintenance & setting motor YZF R6, hasilnya pada tahun 2014 saya dan bersama Yamaha Indonesia mengikuti  kejuaraan balap international SUZUKA 4H dan yamaha Indonesia memperoleh podium 1 & 2.

Selain itu banyak sekali ilmu baru yang saya dapatkan dalam YTA Race 2 tahun terakhir ini, dikarenakan sebelumnya kami bermain dengan motor type bebek dan sekarang  Yamaha Indonesia mengikuti kejuaraan balap type sport. Dan di YTA tahun ini sudah mulai masuk ke engine, saya dan teman – teman sangat senang sekali, dimana sebelumnya kami sama sekali tidak paham mengenai SOP maintenance & setting engine R25,” kata Rundeng, teknisi dari Yamaha Yonk Jaya Racing Team.

“Dari setiap race engineer harus memiliki ilmu dasar tentang teori & praktek, kemudian terus mengembangkan potensi diri ketika memperoleh pengalaman pada saat mengikuti balap. Maka dari itu dalam setiap pelatihan untuk teknisi maupun rider kami selalu memberikan teori dan praktek. Dan inilah bentuk perhatian Yamaha terhadap kemajuan dunia balap di Indonesia” Kata Supriyanto, selaku Manager Motorsport PT. YIMM.

BERITA TERBARU

EVENTS

21, September 2019

Faeroz Finish ke-7 (AP250) Layak dinanti di Race 2...

NEWS

21, September 2019

Aldi Satya dan Wahyu Nugroho Bertarung di Top Group...

NEWS

21, September 2019

Pembalap YRI Terus Menyempurnakan Set-Up dan Racing Line, Siap Optimal di Superpole dan Race 1...

NEWS

19, September 2019

Motivasi Kuat Tim YRI Untuk Meraih Poin Maksimal, Target Tingkatkan Posisi Dalam Standing Point...

Page Top