BERITA UTAMA

NEWS

20, May 2016

YRA Race Tingkatkan Skill & Bentuk Karakter Yamaha Rider...

Sentul – Program Yamaha Riding Academy (YRA) sukses memberikan pengalaman seputar dunia balap yang berharga bagi para pesertanya. Sebanyak 24 peserta dari kelas R15 & R25 kompak memberikan kesan sangat positif selama mengikuti pelatihan di Sirkuit Internasional Sentul.

Wahyu Rusmayadi, selaku Kordinator YRA Race PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengatakan, “Progres sangat baik ditunjukkan oleh para peserta YRA 2016 ini. Jika dilihat catatan waktu yang diukir oleh para peserta, kemajuannya sangat impresif. Apa yang sudah kami berikan saat pemaparan teori, benar-benar dilakukan oleh mereka saat setting motor hingga di lintasan. Tentunya harapan kami terhadap semua rider yang sudah kami bina, mereka semua dapat menjadi pemenang dalam setiap balapan.”

“Selain itu YRA kali ini ada yang berbeda dari sebelumnya, dari 8 sesi Practice ada 1 sesi practice dimana rider dalam masing-masing group saling bertukar motor, hal ini bertujuan untuk melatih kepekaan mereka terhadap settingan motor dan mereka dapat mebedakan settingan dari rider lain”, kata Disep PJ dari Motorsport PT. YIMM.

Hal positif diungkapkan Nolan Ende rider dari Yamaha Suraco Jaya Abadi Motor, Rider berusia 18 tahun yang baru bergabung dengan team pabrikan tahun ini dan baru pertama kali ke Sentul International Circuit menggunakan R15 , mengatakan, “Saya sangat berterima kasih kepada Team Yamaha Indonesia dan instruktur. Selama dua hari di pelatihan, saya merasa ilmu yang diberikan sangat bermanfaat. Masukan dari Mr. Kato (Instructor), Mr. Wahyu (Instructor) dan teman-teman senior sangat membatu saya sehingga pada hari kedua saya lebih percaya diri, mengerti cara setting suspensi yang benar dan yang paling penting saya diajarkan bagaimana berkomunikasi dengan teknisi agar inputan yang saya berikan benar-benar diberikan obat yang tepat.

Hal lain diluar balap pada YRA ini saya diajarkan juga balap bukan hanya soal kecepatan, tetapi diajarkan juga tentang pembentukan karakter seorang pembalap. Dan saya mendapat pengetahuan yang sangat berguna seperti regulasi sirkuit international & Marshal Training. YRA Race ini paket lengkap buat seorang pembalap dan saya tidak sabar untuk hadir pada YRA Step 2.”

Hal serupa juga dikatakan oleh rider dari R25 ketika sesi review berlangsung.  Walaupun ada rider yang sudah mengikuti YRA sejak awal, namun di setiap tahunnya ada ilmu dan pengalaman yang berbeda dari YRA tahun sebelumnya.  M Zaki Adil misalnya, rider yang sudah 4 tahun berturut-turut mengikuti YRA ini mengaku bahwa selalu ada ilmu baru yang bisa diambil dan dikembangkan dari setiap sesi pelatihannya.

Apalagi di YRA tahun ini Yoshiaki Kato hadir kembali untuk menjadi instruktur. Rider yang sempat bersaing dengan Rossi di era 1994 – 1998 ini kembali berbagi pengalaman tentang dunia balap. Ia pun terkesan dengan peserta YRA yang mampu beradaptasi dengan cepat ketika menyerap ilmu dan mempraktekannya.

“Basicnya peserta di kelas YZF R15 sudah punya skill balap masing-masing di underbone, tapi itu merupakan hasil otodidak para rider. Di YRA kami berikan ilmu basic balap motor sport seperti apa. Saya kagum, para rider bisa beradaptasi dengan cepat dalam mengikuti materi dan ketika practice di lintasan,” ujar instruktur yang memulai karir balapnya pada tahun 1992.

Di akhir acara Supriyanto selaku Manager Motorsport PT. YIMM berpesan, “Semua Rider Yamaha wajib mempunyai Skill yang bagus, Percaya Diri yang bagus dan yang tidak kalah penting adalah Fisik yang Prima, agar bisa bersaing pada saat berkompetisi di level yang lebih tinggi. Dan ilmu itu seperti Pisau, pada awalnya tumpul dan sekarang kita asah agar menjadi tajam dan tugas pembalap adalah terus mengasah pisau tersebut agar tetap tajam. │rpg

BERITA TERBARU

NEWS

10, October 2019

Gunakan Nomor 45, Faeroz Siap Debut Kejuaraan Dunia di World Supersport 300 Seri Qatar...

NEWS

30, September 2019

Galang Hendra Finish ke-5, Standing Point Naik Posisi ke-8...

NEWS

29, September 2019

Galang Hendra Pratama Raih Starting Grid ke-4, Pimpin Klasemen Tissot Superpole...

EVENTS

29, September 2019

Sukses Diramaikan 284 Starter dan 17 Ribu Penonton, Animo Spesial Novice dan Rookie, Terpilih 9 Rider Menuju Grand Final...

Page Top