BERITA UTAMA

EVENTS

08, October 2016

YZF-R15 PECAHKAN REKOR, YZF-R25 DOMINASI SPORT 250...

Sesi kualifikasi gelaran balap seri ke-4 IRS 2016 yang notabene melombakan kelas Kejurnas Sport 150 cc dan Sport 250 cc berlangsung di Sirkuit Sentul, Bogor, Sabtu (8 Okt). Catatan penting di Kejurnas Sport 150 cc ialah pacuan YZF-R15 milik rider Ilham Buldog (549 Kaboci Racing Team) memecahkan rekor.

Petarung asal Makassar berusia 16 tahun yang bermukim di Yogyakarta ini mengukir best-time 1 menit 50,905 detik. Rekor sebelumnya ditorehkan Wahyu Aji saat seri ke-3 lalu dengan torehan 1 menit 50, 955 detik. Posisi kedua juga diraih petarung YZF-R15, Wahyu Aji (SYS HDS Racing) dengan ukiran waktu 1”51, 015 detik.

“Saya justru memilih bermain aman dan tidak ngotot. Yang pasti, motor lebih baik dari putaran sebelumnya, “terang Ilham Buldog yang mengaku baru lima kali bermain Sport 150 cc di Sentul. “Jadi efek penggantian bahan bakar pertamax-turbo, kompresi dinaikkan menjadi 13, 4 : 1, “tukas tuner Syifarudin, akrab disapa Acos. Secara logika, memang perbandingan kompresi wajib dinaikkan ketika oktan lebih tinggi. Bersifat wajib sebagai upaya menghindari gejala detonasi atau mesin ngelitik.

Sebelumnya memang diaplikasi bahan bakar pertamax-plus yang notabene memiliki oktan 95. Lebih lanjut, untuk kategori Kejurnas Sport 250 cc kembali dikuasai duet Yamaha Yamalube NHK IRC Nissin Bahtera Racing, Syahrul Amin dan Willy Hammer. Mereka masing-masing merebut pole-position dan grid kedua. Syahrul Amin mengukir waktu 1” 43,676 detik, sedang Willy Hammer di angka 1” 43,838 detik.

“Untuk kondisi motor memang sangat prima saat ini, “serentak Syahrul Amin dan Willy Hammer yang memang menguasai klasemen sementara Sport 250 cc sampai dengan seri ke-3. “Set-up yang berubah ialah suspensi depan. Kita coba pakai catridge. Latihan sudah kita pakai dan respon pebalap cukup baik, “timpal mekanik Widya Krida Laksana, akrab disapa gendut GDT Racing.

Tidak ketinggalan duet tim Yamaha Racing Indonesia (YRI), Galang Hendra dan Rey Ratukore yang Minggu lalu baru ikut di Asia Road Race India ikut pula bertarung. Hasil kualifikasi Galang di posisi ke-7 dan Rey ke-12. “Keikutsertaan kita punya target, baik untuk rider dan teknisi. Memang untuk pebalap, kita hanya pakai wheel atau velg standar karena seluruh stok ada di kontainer Asia. Jadi ada pengaturan baru suspensi dan adaptasi saat entry-cornering. Kalau mekanik, kita mengujicoba beberapa settingan mapping ECU. Semoga race besok kita memperoleh hasil yang baik, “tutur Wahyu Rusmayadi selaku manajer tim YRI.

Pada sisi lain, kelas komunitas YZF-R25 yang diramaikan hingga 33 starter, pada akhirnya pole-sitter atau grid pertama direbut racer Sandi Akbar dari komunitas ROCK (R25 Owner Community Kaskus) dengan torehan waktu 1” 50, 027 detik. Untuk posisi kedua diraih Alvian Hadi Putra dari YROI (Yamaha R25 Owners Indonesia) dengan catatan 1” 52, 525 detik.

Perlu dipahami saja, pabrikan Yamaha Indonesia Motor Manufaturing (YIMM) memilah atau memisahkan para pebalap R25 Community. Ada stratanya dan YIMM punya data berdasar catatan waktu dan data prestasi. Baik dari Kejurnas IRS ataupun dari hajatan Yamaha Sunday Race. Jadi nantinya hasil juara di Kejurnas IRS Sentul ini akan terpisah dalam dua bagian. Yaitu Com Pro dan Com A yang digabung dan satu lagi ialah Com B. Untuk peserta memang lebih banyak dari Com B. Dari total 33 starter, maka 21 starter berasal dari Com B. www.yamaharacingindonesia.co.id

BERITA TERBARU

NEWS

25, June 2019

Galang Hendra Pratama Catat Rekor Best Lap, Finish ke-4 dan Klasemen Superpole ke-2...

NEWS

25, June 2019

Sukses Diramaikan 215 Starter,  Progress Riset All New R15...

NEWS

24, June 2019

Faeroz Siap Gasspoll di Balap Ketahanan Suzuka 4hours...

NEWS

23, June 2019

Starting Grid ke-5. Galang Hendra Pratama Optimis Raih Podium Juara...

Page Top