BERITA UTAMA

EVENTS

02, August 2017

Yamaha Factory Racing Team Catat Sejarah Kemenangan Tiga Kali Beruntun Suzuka 8 Hours...

Yamaha Factory Racing Team mencatat sebuah halaman yang luar biasa dalam buku sejarah endurance racing dengan meraih kemenangan ketiga berturut-turut di Coca-Cola Suzuka 8 Hours tahun 2017. GMT94 Yamaha Official EWC Team juga merayakannya, setelah memastikan gelar juara Endurance World Championship 2016-2017. The YART Yamaha Official EWC Team mengeluarkan potensi maksimalnya untuk mengamankan posisi ke-5 dan meraih posisi runner-up World Championship. Katsuyuki Nakasuga yang awalnya memimpin tertekan oleh barisan depan pada turn satu saat balapan berlangsung, tapi dengan cepat mulai berjuang kembali ke depan tepat di belakang motor # 634 saat masuk ke lap kedua. Tidak pernah lebih dari 0,1 atau 0,2 detik di belakang, perburuan berlangsung sampai lap 16 ketika pembalap tuan rumah memimpin sebentar sebelum mencapai trek yang padat dengan backmarker dan beberapa hujan ringan di beberapa bagian trek.

Saat Nakasuga kembali ke pit untuk menyerahkan YZF-R1 ke rekan setimnya Alex Lowes pada first hour, pebalap muda Inggris itu cepat bangkit dan segera memimpin sedikit lebih dari satu detik. Saat menyerahkan motor ke pembalap ketiga tim, Michael van der Mark, jarak sudah hampir empat detik. Rider asal Belanda itu bekerja keras untuk mempertahankan keunggulan yang dibangun oleh Lowes saat bencana melanda motor #634, memberikan celah besar buat Yamaha Factory Racing Team memimpin di depan.

Sejak saat itu, trio tersebut tidak pernah terganggu persaingan dengan yang lain di trek, dominan mempertahankan kecepatan dan terpaut jarak yang jauh sampai akhir balapan. Lowes mendapat kehormatan riding di jam terakhir, sedikit lebih tenang dari yang membuatnya mampu memecahkan rekor balapan dua kali. Pertama kali memecahkan rekor catatan waktu 2’07.943 dengan 2’07.402, lalu 2’06.932. YZF-R1 tim factory melintasi garis finis paling depan disambut gembira ribuan penggemar balap Jepang yang hadir, mencatatkan halaman bersejarah dengan kemenangan tiga kali berturut-turut yang pernah diraih oleh satu tim dalam sejarah balapan Suzuka 8 Hours. Nakasuga menambah penghormatan dengan menjadi pembalap Jepang pertama yang pernah memenangkan Suzuka 8 Hours tiga kali beruntun.

GMT94 Official EWC Team memulai balapan 8 jam dari grid ke-15 dengan dengan Niccolò Canepa riding YZF-R1 #94. Pembalap Italia itu riding selama 30 menit di tengah kondisi yang kurang ideal dengan hujan sebentar-sebentar jatuh di bagian barat sirkuit Suzuka. Lalu dia masuk pit stop pertama, memberikan motornya ke rekan setimnya, David Checa, yang mempertahankan laju pada first hour.

Seiring berlalunya waktu, tim Prancis itu berhasil melakukan putaran yang konsisten pada 2’10 detik sebab mereka tidak fokus hanya pada memenangkan perlombaan, namun mengendalikan perbedaan poin dengan pesaing mengejar gelar.

Pembalap ketiga tim, Mike Di Meglio, memberikan kesan yang kuat pada debut Endurance World Championship di Suzuka, membawa tim ke posisi 8 sebelum penalti stop-and-go 30 detik menggesernya kembali ke posisi 11. Jauh di depan para pesaing utama mereka dan tetap fokus bertahan. Saat malam turun di lintasan, Checa keluar untuk tugas terakhirnya, ke pit stop sebentar sebelum akhirnya memastikan gelar Endurance World Championship, yang ketiga kali untuk tim.

YART Yamaha Official EWC Team konsisten tetap tampil terbaik di luar lima tim teratas. Broc Parkes menjadi rider pertama yang turun ke trek, awalnya turun ke posisi 9 pada first hpur. Nozane kemudian mengambil alih dan tim mereka fight back, menaikkan kecepatan sampai posisi ke-5. YART akhirnya merebut peringkat ke-3 di klasemen Endurance World Championship.

Hasil tim dengan motor Yamaha di Suzuka 8 Hours 2017 :
1. #21 YAMAHA FACTORY RACING TEAM
Katsuyuki Nakasuga
Alex Lowes
Michael van der Mark
5. #7 YART Yamaha Official EWC Team
Broc Parkes
Marvin Fritz
Kohta Nozane
11. #94 GMT94 Yamaha Official EWC Team
David Checa
Niccolō Caneoa
Mike Di Meglio
15. #75 ITO・RACING・GMD & REDGRIFFIN
Sota Furuyama
Nobuyuki Ohsaki
Keisuke Maeda
19. #6 Titanium Power HOOTERS Racing
Kazuma TSUDA
Kazuki TOKUDOME
25. #502 NCXX RACING
Toshiki Kunimatsu
Tadayuki Yoshida
Kengo Nagao
28. #24 CLEVER WOLF Racing & 3ART
Mitsuo Saito
Alex Plancassagne
Anthony Dos Santos
31. #32 TEAM Rabit Transit
Morais Sheridan
Estment Bjorn
Brandon Cretu
33. #59 HKC & IMT Racing
Takaharu Kishida
Tadashi Asahina
Tomoki Namekata
36. #903 NOI:Z RACING TEAM
Kizuku Huke
Tsunekazu Nakai
Takeshi Tamura
38. #65 MOTOBOX KREMER RACING
Geoffroy Dehave
Jan Viehmann
Florian Galotte
51. #74 AKENO SPEED・YAMAHA
Anthony West
Makoto Inagaki
Alex Schacht
56. #99 oosakamobius icuRT99 & OUTRUN & motokids
Sho Nakamoto
Kazunori Yoshida
Shotaro Ogura

Yamaha Factory Racing Team 
Hasil balap : ke-1

Katsuyuki Nakasuga
”Tahun ini ulang tahun ke-40 Suzuka 8 Hours dan kami mendapatkan hasil di tahun yang spesial ini. Rekan tim saya hebat dan sangat membantu saya melakukan yang terbaik. Kami melakukan 8 pit stop dan strateginya berjalan sangat baik untuk kemenangan. Saya juga sangat senang karena saya bisa membuat rekor baru sebagai pembalap Jepang pertama yang memenangkan perlombaan tiga kali berturut-turut.”

Alex Lowes
”Saya sangat senang bisa memenangkan Suzuka 8 Hours lagi, ini event yang fantastis. Yamaha Factory Racing Team fantastis, saya sangat menikmati motornya, saya menikmati pengalaman itu lagi dan saya menantikan untuk kembali tahun depan untuk melakukannya lagi !”

Michael van der Mark
”Saya sangat senang berada di sini bersama pabrikan yang berbeda dan memenangkan Suzuka 8 Hours. Tahun ini menang bersama Yamaha sangat spesial. Tim kami fantastis, tiga pembalap bagus dengan motor yang bagus. Yamaha melakukan persiapan yang menakjubkan untuk motor dan tim buat event ini jadi saya akan sangat senang bisa kembali lagi tahun depan lagi !”

Team Manager Wataru Yoshikawa
”Ini perasaan terbaik, yang terbaik! Sejujurnya 50/50, karena pesaing kami sangat kuat, saya sangat bangga bisa meraih tiga kemenangan beruntun dengan Yamaha, rasanya luar biasa! Tiga kemenangan beruntun memberikan banyak tekanan bagi saya, tapi sekarang saya merasa bahwa bab ini telah ditutup, jadi mungkin kita bisa meraih empat kemenangan berturut-turut !”

GMT94 Official EWC Team 
Hasil balap : ke-11

David Checa
”Pertama-tama, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada rekan setim dan seluruh tim karena endurance adalah tentang berbagi, dan saat berbagi dalam kemenangan, itu sempurna! Kami tidak percaya bisa menang setelah Bol D’or karena kami tertinggal 47 poin, jadi untuk memenangkan tiga balapan berturut-turut adalah sebuah mimpi! Menangkan kejuaraan di Suzuka dan berdiri di podium dengan semua fans di sini memberikan atmosfer yang luar biasa. Saya beruntung bisa naik podium sebelum di sini dan itu hebat, tapi hari ini karena World Champions jauh lebih baik !”

Niccolò Canepa
”Ini luar biasa! Tahun lalu adalah musim pertama saya di EWC dan kami kalah hanya selisih satu poin. Musim ini kami juara dan kami memenangkan tiga balapan berturut-turut! Untuk merayakannya di Suzuka seperti ini di depan, saya tidak tahu berapa banyak orang, benar-benar sesuatu yang tidak akan pernah saya lupakan. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang, mulai dari tim, Dunlop, Yamaha, dan rekan setim saya. Mereka melakukan pekerjaan yang menakjubkan sepanjang musim, kami tidak melakukan kesalahan dan ini adalah sesuatu yang tidak terjadi sepanjang waktu. Saya berharap bisa melakukan hal yang sama tahun depan !”

Mike Di Meglio
”Ini musim yang menakjubkan ! Ini tahun pertama saya di EWC, dan kami memenangkan tiga balapan dan menjadi Juara Dunia! Balapan di sini fantastis meskipun kami bermasalah dengan elektronik, kami tidak punya traction control atau anti-wheelie namun kami tetap cepat ! Ini sungguh luar biasa ! Saya sangat bahagia, terima kasih Yamaha dan GMT94 karena telah memberi saya kesempatan ini. Kami menginginkan lebih banyak kemenangan dan gelar juara dunia !”

Team Manager Christophe Guyot
”Hasil ini benar-benar fantastis, kami sangat bahagia. Tentunya pertama selamat untuk tim # 21. Saya sangat bangga karena tingkat kejuaraan ini sangat tinggi. Kami memiliki masalah kecil dengan elektronik tapi itulah balap. Kami memiliki gelar Kejuaraan Dunia dan setelah tiga balapan berturut-turut menang saya pikir kami melakukannya dengan baik.”

YART Yamaha Official EWC Team
Hasil balap : ke-5

Broc Parkes
”Kami harus bahagia, empat motor adalah satu-satunya motor di depan kami pada akhirnya. Kami semua melaju dengan sangat baik, sangat konsisten, waktunya sangat bagus dan kami tidak mengharapkan apapun pada balapan ini. Sayangnya, kami tidak ada di posisi ke-2 di kejuaraan (Endurance World Championship). Namun kami harus bersikap positif untuk musim ini, ini adalah tim baru, bersama Marvin dan Kohta yang masuk, kami juga punya ban baru, jadi saya pikir tahun depan akan semakin kuat.”

Marvin Fritz
”Saya merasa sangat baik, tempat kelima adalah yang terbaik yang bisa kami raih dan kami melakukan balapan yang sangat bagus. Saat Anda melihat musim ini, kami adalah tim terkuat untuk sebagian besar balapan, tapi kami tidak beruntung saja. Ini adalah musim pertama yang baik bagi saya dalam lomba endurance racing.”

Kohta Nozane
”Dua rekan setim saya Broc dan Marvin melakukan pekerjaan yang sangat bagus dan sangat kompetitif. Saya sangat senang untuk hasil tim ini, dan saya ingin berterima kasih kepada YART dan Yamaha karena telah memberi saya dan rekan setim kesempatan ini. Selamat kepada Yamaha dan juga Yamaha Factory Racing Team untuk kemenangan ketiga berturut-turut dan Nakasuga-san sebagai pembalap Jepang yang mencatat tiga kemenangan beruntun.”

Team Manager Mandy Kainz
”Sejujurnya, saya sangat senang musim ini selesai karena kami telah menjadi salah satu tim terkuat, jadi kami pikir bisa menang tahun depan. Saya sangat senang untuk Yamaha dan Christophe Guyot. Tahun depan saya pikir kami adalah salah satu pesaing terpanas untuk gelar juara !”

Informasi detail “Yamaha Suzuka 8 Hours”.

BERITA TERBARU

EVENTS

28, October 2019

All New R15 Menjadi Pacuan Favorit Rider Komunitas Dan Professional...

NEWS

27, October 2019

Galang Hendra Finish ke-7 Terbaik Diantara Rider YZF-R3, Klasemen Akhir ke-7, Pengalaman Berharga Faeroz...

EVENTS

27, October 2019

Sukses Diramaikan 220 Starter, All New R15 Comm B Beginner Tembus 30 Starter...

NEWS

26, October 2019

Galang Hendra Raih Runner Up Superpole Awards WorldSSP300 dan akan Start posisi 5, Adaptasi Cepat Faeroz Dengan YZF-R3....

Page Top