BERITA UTAMA

EVENTS

15, August 2018

Ajang Yamaha Sunday Race Seri-4 Hadirkan Kisah Inspiratif dari Sang Juara...

Yamaha Sunday Race seri ke-4 yang juga merupakan seri final telah berlangsung dengan baik dan lancar. Meskipun aktivitasnya telah usai, namun beragam kisah menarik muncul dari para rider yang ikut berpartisipasi pada ajang balap tersebut. Salah satunya datang dari kelas Superstock Up to 1000cc Community Junior Pro yang berhasil di menangkan oleh Lufaldi Ernanda (R15 Racing Team) untuk podium 1. Disusul Bobby Tjhiayadi (YROI) untuk podium 2 dan Tjay Yoki (R15 Racing Team) di podium 3.

Cerita inspiratif datang dari sosok Bobby sang peraih podium 2. Berprofesi sebagai seorang travel guide yang memiliki hobbi di dunia balap, Bobby yang saat ini bergabung dengan komunitas R15 Racing Team telah beberapa kali mengikuti aktivitas balap yang diselenggarakan oleh berbagai pihak dan sempat meraih podium.

Bobby Tjhiayadi (Tengah), Setelah Menerima Thropy Sebagai Juara Umum Superstock up to 1000cc Junior Comm Pro | Motor YZF-R6

“Saya pertama kali mengikuti Fun Race di tahun 2012 dan terus berpartisipasi di ajang balap itu sampai tahun 2014. Kemudian di tahun 2015 saya mengikuti acara Fun Race yang di selenggarakan oleh komunitas ODC dan alhamdulilah naik podium juara 2”.

Selain Fun Race, Boby sempat pula mengikuti aktivitas balap di tingkat nasional seperti IRS sebelum akhirnya bergabung di Yamaha Sunday Race pada tahun ini.

“Tahun 2016 saya ikut kejuaraan IRS sama ITS, dan untuk balap ITS seri 4 saya meraih podium ke-2, hingga di awal tahun 2018 saya mulai bergabung di event Sunday Race dan turun di kelas Junior Superstock Up to 1000cc dengan menggunakan motor Yamaha R6”. 

Sepanjang mengikuti kegiatan balap bukan berarti Boby tidak pernah mengalami insiden, Pria kelahiran Jakarta itu sempat mengalami dua kali insiden. Yang pertama pada tahun 2000 ketika naik motor dengan kecepatan tinggi, kemudian yang kedua terjadi saat race IRS seri-2 di bulan Mei 2016. Ketika saat masuk di tikungan R1 Sirkuit Sentul roda belakang slide, yang mengakibatkan cedera pada bagian tulang bahu kirinya.

Pasca insiden tersebut, Bobby menjalani masa pemulihan dengan melakukan terapi rutin, namun ia tidak menampik bahwa insiden yang kedua itu sempat membuatnya shock dan trauma. Bahkan, setelah tubuhnya pulih dari cedera dan sempat mengikuti kembali beberapa event balap, secara tiba-tiba dirinya mengalami masalah pada otot bagian tangan kiri yang membuatnya tidak dapat mengangkat tangan.

“Habis kecelakaan yang di IRS itu saya sempat trauma, kalo naik motor badan langsung berkeringat dan mengendarai motor itu kaya kaku gitu. Tapi alhamdulilah setelah 3 bulan perawatan saya bisa balap lagi dan ikut di ajang ITS seri-4 dan 5, dan di seri 4 itu saya meraih podium 2. Lalu, di pertengahan tahun 2017 tiba-tiba otot tangan saya bermasalah dan itu sampai bikin saya gak bisa mengangkat tangan sendiri, akhirnya saya vakum lagi dari balapan”.

Berbagai masalah cedera yang kerap membekap dirinya, ternyata tidak membuat Bobby putus asa serta pensiun dari dunia balap berkat dukungan yang terus mengalir dari sang istri serta rekan-rekan komunitasnya. Terbukti di awal tahun 2018 Boby kembali turun di kegiatan balap Yamaha Sunday Race dan sempat meraih podium 2 untuk kelas Superstock Up to 1000cc Community Junior Pro pada seri ke-2 dengan motor YZF-R6.

Menggeluti dunia balap selama hampir 6 tahun dengan beragam masalah yang dihadapi membuat Boby memiliki pandangan berbeda akan arti sebuah balapan. Baginya balapan bukanlah sekedar adu cepat untuk mengalahkan satu sama lain, tetapi justru bagaimana cara kita mengalahkan rasa takut untuk melampaui batas diri sendiri.

“Buat saya balapan itu bukan perkara saling adu kecepatan, tetapi justru kompetisi sesungguhnya itu adalah melawan rasa takut diri sendri. Dan khusus bagi saya yang sudah beberapa kali kecelakaan hingga patah tulang sana-sini itu cukup sulit bangkit dari rasa trauma. Tapi alhamdulilah berkat bantuan dan semangat dari istri serta rekan-rekan komunitas, saya bisa bangkit dan kembali aktif menggeluti hobbi di dunia balap dengan mengikuti Yamaha Sunday Race ini”. Pungkasnya.

#YamahaSundayRace2018
#UntukMerahPutihSemakinDiDepan
#YamahaRacingIndonesia

BERITA TERBARU

NEWS

12, August 2019

Aldi Satya Mahendra Naik Posisi 6 Standing Point (UB150)...

NEWS

12, August 2019

Anggi Setiawan Sukses Finish ke-6 (AP250)...

NEWS

10, August 2019

Evaluasi dan Target Lebih Baik di Race ke-2 AP250...

NEWS

10, August 2019

Cah Jogja Usia 13 tahun Aldi Satya Mahendra Sukses Podium ke-3 (UB150)...

Page Top