BERITA UTAMA

EVENTS

02, September 2019

Antusias Puluhan Ribu Penonton Padati Sirkuit, Pemula Rasakan Sensasi Balap Aerox 155...

Yamaha Cup Race 2019 Sintang, Kalbar :
Putaran ke-4 Yamaha Cup Race 2019 (YCR 2019) yang berlangsung di Sirkuit Ex Bandara Susilo, Sintang, Kalimantan Barat (Kalbar) terbukti sukses. Animo penonton sangat tinggi. Hadir puluhan ribu pasang mata yang memadati trek. Bahkan begitu padat untuk semua area lintasan.

Mereka sangat antusias menyaksikan balapan one make race yang memang begitu populer karena sudah masuk dalam 3 dekade penyelenggaraan. Catatan penting, bahwa untuk pertama kalinya Yamaha Cup Race hadir di Kota Sintang. Dalam hal ini, main-dealer Yamaha Aneka (PT. Aneka Makmur Sejahtera) di wilayah Kalimantan Barat (Kalbar) memiliki peran penting.  

Makin spesial, hadir langsung Bupati Sintang, dr. H Jarot Winarno M.Med.Ph yang juga memberikan sambutan dalam seremoni pembukaan. Beliau mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya Yamaha Cup Race 2019 di Sintang. Juga mengakui sebagai pengguna motor Yamaha dan merupakan penggemar pembalap MotoGP, Valentino Rossi.

“Saya sejak dulu adalah penggemarnya Valentino Rossi. Saya sering menontonnya balap MotoGP. Saya mencintai Yamaha karena motor saya sehari-hari adalah Yamaha R25 dan saya juga memiliki NMax. Terimakasih untuk Yamaha yang sudah menyelenggarakan acara balapan ini di Sintang. Saya harap tahun depan dapat kembali lagi disini. Untuk penonton, saya harap untuk tertib dalam menyaksikan balapan ini,” ujar Bupati Sintang yang kemudian ikut menyaksikan race.

“Penonton terbukti sangat padat karena sudah sekitar 7 tahun tidak ada balapan disini. Apalagi Yamaha Cup Race ini pertama kali hadir disini dan memberikan tontonan gratis,“ tukas Muhammad Chomain Wahab selaku pemilik tim Yamaha Rivaco yang memang berbasecamp di Sintang serta menjabat sebagai ketua KONI Sintang. Tim ini diperkuat oleh seeded Agus Setiawan.

Berbagai kelas yang diikuti 182 starter dipertandingkan. Mulai kategori bebek 4 tak, bebek 2 tak, Ex Rider dan balapan khusus matik Aerox 155. Kompetisi Aerox 155 (kelas YCR 13) memberikan sensasi tersendiri. Para peserta yang juga pemula A dan pemula B merasakan kelincahan perfoma Aerox 155 yang memang sangat digemari di wilayah Kalimantan.

Patut dipahami, bahwa Yamaha Aerox 155 memiliki rasio tertinggi di kelasnya hingga disebut sebagai High Performance Sports Scooter 155 cc. Secara logika, semakin tinggi Power Weight Ratio yang berarti rasio daya mesin lebih tinggi dari berat isi kendaraan, maka semakin tinggi perfomanya.

“Aerox memang enak sekali saat bermanuver masuk dan keluar tikungan. Termasuk saat melalui tikungan stop & go, bodynya stabil, juga kita berani rebah untuk mendapatkan riding style yang maksimal. Powernya di trek lurus juga terasa. Padahal ini mesin standar pabrik,“ ujar Indra Ardiansyah (MZ Hi-Tech 96) yang meraih podium YCR13.

Tidak kalah menarik, beberapa kelas yang mengandalkan pacuan bebek bakar dua langkah (2 Tak) berbasic Yamaha F1ZR. Gairah peserta di kelas ini, baik skala lokal ataupun pemula open sangat tinggi. Road racer yang ambil bagian tidak hanya dari Sintang, juga banyak yang berasal dari Pontianak, Singkawang ataupun Mempawah.

Pada bagian lain, pertarungan di kelas paling bergengsi, yaitu YCR1 atau disebut juga MP1 (150 cc) dimenangkan oleh duet Yamaha Aditama, Sulung Giwa dan M Khafi. Agus Setiawan yang diprediksi akan memberikan perlawanan kuat, justru mengalami slide pada ban belakang MX Kingnya hingga harus melebar dan sempat berada di posisi ke-4. Namun berkat perjuangannya, racer tim Yamaha Rivaco ini dapat podium ke-3.

Untuk para juara hingga 3 besar dalam kelas-kelas utama YCR 2019 Sintang, Kalbar memperebutkan tiket Grand final Yamaha Cup Race 2019 yang akan diselenggarakan di Sirkuit Bukit Peusar, Tasikmalaya, Jawa Barat. Berdasarkan hasil pada kelas YCR 1, ada 3 pembalap yang mendapatkan tiket ke grand final yaitu Sulung Giwa, M Khafi dan Agus Setiawan. Begitu juga di kelas Novice atau YCR 2, Ada 3 rider yang mendapatkan tiket ke Grand Final yaitu Deky Hardianto, Febri Herlian, dan Vicky Dewara. Untuk di kelas rookie juga ada 3 pembalap yang akan ke Grand Final yaitu Febri Herlian, Vicky Dewara dan Iky GB.

Yang pasti, puluhan ribu menonton penonton sangat terhibur dengan hadirnya Yamaha Cup Race 2019 Sintang, Kalbar ini.  Adapun kesuksesan event Yamaha Cup Race 2019 Sintang, Kalbar ini disponsorin oleh Yamalube, Idemitsu, Kayaba, Pirelli, NGK dan IRC Tire.

BERITA TERBARU

NEWS

15, November 2019

Puncak Kompetisi Dari 4 Region, Hadir Kelas Aerox 155 Open, Coaching Clinic Oleh Galang Hendra, Faeroz dan Anggi Setiawan...

EVENTS

28, October 2019

All New R15 Menjadi Pacuan Favorit Rider Komunitas Dan Professional...

NEWS

27, October 2019

Galang Hendra Finish ke-7 Terbaik Diantara Rider YZF-R3, Klasemen Akhir ke-7, Pengalaman Berharga Faeroz...

EVENTS

27, October 2019

Sukses Diramaikan 220 Starter, All New R15 Comm B Beginner Tembus 30 Starter...

Page Top