ONEPRIX / News

Sirkuit Balipat Binuang banyak tikungan namun harus pintar-pintar pilih zona overtaking

21-11-2015

IRRC seri 5 yang digelar di Sirkuit Balipat Binuang Kalimantan Selatan 21 & 22 November 2015 bukan hanya saja jadi seri terakhir namun pada seri ini para rider-rider hebat nasional kembali diuji ketangguhannya dan kecerdasannya. Bagaimana tidak tangguh para rider harus kuat fisik dan mental untuk menghadapi cuaca yang panas dan cerdas harus pintar-pintar atur strategi dan cari racing line serta pintar - pintar setting motor karena di beberapa titik terdapat tikungan yang bumpy.

Sirkuit Balipat Binuang sendiri memang memiliki karakter tikungan yang patah dan minim tikungan rolling speed. Artinya ini adalah sirkuit teknikal. Total ada 14 tikungan dengan komposisi 9 tikungan kekanan dan 5 tikungan kekiri. Namun tidak semua tikungan bisa melakukan overtaking, R14 dan R1 adalah tempat yang paling mudah untuk melakukan overtaking. "Jika para pebalap di R14 ini bisa cornering dan jaga RPM dengan baik di R14 dapat melakukan overtaking atau setidaknya jika racing line benar di R1 bisa mendahului" Ujar Dedy yang selaku rider advisor team Bahtera.

Tidak hanya zona tikungan saja ternyata aspal baru di sirkuit Balipat Buniang pun sepertinya akan menjadi tantangan tersendiri bagi rider.

IRRC seri 5 yang digelar di Sirkuit Balipat Binuang Kalimantan Selatan 21 & 22 November 2015 bukan hanya saja jadi seri terakhir namun pada seri ini para rider-rider hebat nasional kembali diuji ketangguhannya dan kecerdasannya. Bagaimana tidak tangguh para rider harus kuat fisik dan mental untuk menghadapi cuaca yang panas dan cerdas harus pintar-pintar atur strategi dan cari racing line serta pintar - pintar setting motor karena di beberapa titik terdapat tikungan yang bumpy.

Sirkuit Balipat Binuang sendiri memang memiliki karakter tikungan yang patah dan minim tikungan rolling speed. Artinya ini adalah sirkuit teknikal. Total ada 14 tikungan dengan komposisi 9 tikungan kekanan dan 5 tikungan kekiri. Namun tidak semua tikungan bisa melakukan overtaking, R14 dan R1 adalah tempat yang paling mudah untuk melakukan overtaking. "Jika para pebalap di R14 ini bisa cornering dan jaga RPM dengan baik di R14 dapat melakukan overtaking atau setidaknya jika racing line benar di R1 bisa mendahului" Ujar Dedy yang selaku rider advisor team Bahtera.

Tidak hanya zona tikungan saja ternyata aspal baru di sirkuit Balipat Buniang pun sepertinya akan menjadi tantangan tersendiri bagi rider.