MOTOGP / News

Fabio Quartararo Berhasil Menjuarai MotoGP Italia, Unggul 24 Poin

03-06-2021

Untuk pertama kali sepanjang karier balapnya, Fabio Quartararo berhasil meraih podium MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, Minggu (30 Mei 2021). Dia bertekad untuk memenangkan perlombaan ini untuk mendiang Jason Dupasquier. Kemudian hasil ini merupakan kemenangan keempat tim Monster Energy Yamaha MotoGP musim 2021.

Pembalap Tim Monster Energy Yamaha MotoGP ini memang sempurna pada round ke-6 Kejuaraan Dunia MotoGP 2021. Di empat sesi latihan bebas (Free Practice), Quartararo berturut-turut menempati P8, P4, P2, dan P1. Saat sesi kualifikasi, pembalap asal Prancis tersebut berhasil merebut pole position sekaligus memecahkan rekor lap 2019 dengan catatan waktu 1 menit 45,187 detik.

Saat race berlangsug, Quartararo sempat berda di posisi ke-2 dibelakang Francesco Bagnaia. Namun di 2 lap awal Bagnaia mengalami crash sehingga Quartararo kembali memimpin. Meski sempat disalip oleh Johann Zarco, namun Quartararo mengambil alih kembali posisi pertama sampai bendera finish dikibarkan dengan jumlah lap 23 putaran.

Dari hasil ini Quartararo memimpin standing poin sementara dengan total 105 poin, selisih 24 poin dengan peringkat ke-2. Kemudian Yamaha kembali menempati posisi pertama dalam klasemen konstruktor dengan total 132 poin, dan Tim Monster Energy Yamaha MotoGP juga menempati posisi pertama dalam klasemen tim dengan 169 poin.

“Singkatnya, ada banyak emosi hari ini. Itu adalah hari yang luar biasa bagi kami, tetapi sangat sulit untuk tetap fokus. Sejujurnya, saya tidak tahu bagaimana saya bisa menjaga kecepatan setiap lap, saya memikirkan Jason Dupasquier. Ini bukan hal yang mudah dilakukan, dan saya pikir semua pengendara memikirkan hal yang sama. Pikiran saya bersama keluarganya. Strategi saya hari ini adalah melihat posisi mana yang akan kami dapatkan dengan penggunaan dari perangkat holeshot. Saya sangat senang dengan itu. Saya berada di posisi kedua di tikungan pertama. Saya ingat 2019, ketika saya mulai dari kedua di sini dan saya pikir saya berada di urutan kedelapan atau kesembilan di tikungan pertama. Jadi, itu luar biasa untuk tiba di tikungan pertama pada gigi keempat dan di posisi kedua hari ini. Saya mengendarai dengan mudah di belakang Francesco Bagnaia, dan ketika saya melihatnya jatuh, saya ingin mencoba berkendara maksimal lima lap. Tapi kemudian Johann Zarco menyusul saya. Jadi Saya berkata, 'Saya perlu melakukan gerakan agresif'. Pertama-tama untuk membuatnya kehilangan waktu dan juga untuk membuka celah. Saya berpikir, 'jika saya bisa menahan masuk ke sudut pertama, itu bagus ', dan itulah yang terjadi. Jadi, saya sangat senang dengan ras saya," ucap Fabio Quartararo.

Putaran selanjutnya MotoGP dijadwalkan berlangsung Minggu depan di Catalunya, Spanyol, di Circuit de Barcelona-Catalunya mulai 4 - 6 Juni 2021.

Untuk Merah Putih Semakin Di Depan, Yamaha Full GassPoll! Let’s Gear Up 2021.

#ItalianGP

Pic : Yamaha MotoGP