PROMOTION / News

Perjalanan Juara Dunia Maxime Renaux di Kejuaraan Dunia Motocross MX2 Musim 2021

06-11-2021

Maxime Renaux, pembalap MX2 tim Monster Energy Yamaha Factory memastikan gelar juara dunia ajang FIM Motocross MX2 pada seri ke-16 dari total 18 putaran musim ini. Dia meraih titelnya itu di Pietramurata, Italia, Minggu 31 Oktober 2021. Pembalap kebanggaan Yamaha itu memastikan gelar juara dunia MX2 perdananya setelah memenangi satu race di GP Garda sekaligus menjuarai GP tersebut. Gelarnya ini merupakan yang pertama bagi Yamaha sejak terakhir kali dipersembahkan Antonio Caroli di tahun 2007.

Di tahun perdananya sebagai pembalap pabrikan Yamaha, dengan YZ250FM Renaux berhasil meraih kemenangan race perdananya dan Grand Prix di musim ini pada seri kedua ajang FIM Motocross World Championship itu di Matterley Basin, Inggris.

Pembalap dengan nomor motor 959 itu lalu menjadi runner up seri ketiga Grand Prix Italia di Maggiora, lantas membuktikan konsistensinya dengan memimpin klasemen pada putaran ke-4 di Belanda setelah finish ke-4 di seri itu.

Setelah sukses di seri Belanda, Renaux lebih percaya diri dan menjaga momentum. Sejak putaran ke-5 di Republik Ceko, bintang Yamaha berusia 21 tahun itu berhasil memperlebar keunggulannya di klasemen dengan mencatat sembilan podium beruntun, termasuk enam kemenangan race dan tiga kemenangan Grand Prix lagi. Lalu tampil di tiga seri yang berlangsung tujuh hari di Pietramurata, Italia, memimpin dengan selisih 108 poin dari rekan setimnya, Jago Geerts.

Meskipun dua seri pertama di Pietramurata tidak sesuai rencana, namun pembalap asal Prancis itu memperlihatkan spirit juara sejatinya setelah berhasil bangkit kembali dari rangkaian putaran yang diwarnai beberapa crash itu, untuk memenangi gelar juara dunia MX2 dengan kemenangan Grand Prix yang mengesankan.

Renaux menjadi juara dunia yang ketiga bagi Yamaha di kelas premier berkapasitas lebih rendah sejak kategori itu beralih dari 125cc ke MX2 di tahun 2003.

Setelah musim sensasional dengan YZ250FM, Renaux tak terkejar lagi di puncak klasemen dengan sisa dua putaran Grand Prix. Pembalap Prancis itu telah memimpin 103 lap sejauh ini dan telah merayakan delapan kemenangan balapan, 20 kali finish tiga besar, 12 podium, dan lima kemenangan Grand Prix. Dua putaran terakhir musim 2021 akan berlangsung pada Minggu 7 November dan Rabu 10 November di Mantova, Italia.

Source : www.yamaha-racing.com