MOTOGP / News

QUARTARARO MEMENUHI KEMENANGAN DI GRAN PREMI MONSTER ENERGY DE CATALUNYA

06-06-2022

https://www.yamahamotogp.com

Tim Monster Energy Yamaha MotoGP dan Fabio Quartararo merayakan akhir pekan yang baik dengan kemenangan sempurna. Juara Dunia yang berkuasa berada di liganya sendiri dan meraih kemenangan keduanya di musim 2022 dengan gaya yang sensasional.

Quartararo mulai dari P3 di grid. Dia menembakkan M1-nya ke tikungan pertama dan menunjukkan kepercayaannya pada motor karena dia yang terakhir menginjak rem. Ternyata menjadi langkah yang lebih cerdas daripada yang dia sadari saat itu karena tabrakan tepat di belakangnya membuat tiga rivalnya tersingkir.

Pembalap Yamaha itu tidak menyia-nyiakan waktu, dia menundukkan kepalanya dan pergi. Setelah mengamankan tempat kedua di putaran terakhir, ia mendambakan kemenangan GP dan melakukannya di Gran Premi Monster Energy de Catalunya akan membuatnya lebih bahagia.

Itu adalah perjalanan yang sepi tapi tanpa cela bagi orang Prancis itu. Tampilan sejati mengapa dia dan Yamaha-nya adalah pasangan yang sempurna. Dengan El Diablo telah mengkonfirmasi kontrak dua tahun untuk 2023-2024 dan Monster Energy juga telah menyetujui Sponsor untuk beberapa tahun, ini adalah sesuatu yang dapat dinanti-nantikan oleh para penggemar untuk tahun-tahun mendatang. Dia meraih kemenangan brilian dengan keunggulan besar 6,473 detik.

Morbidelli tidak mendapatkan start balapan yang dia harapkan, turun dari P18 di grid ke posisi 22 karena kekacauan yang terjadi setelah kecelakaan di tikungan pertama. Dengan suhu trek hingga 55°C, akan sulit untuk menyalip tanpa membuat ban terlalu panas. Oleh karena itu, pebalap bernomor 21 itu harus menyeimbangkan pertahanan dan serangan sepanjang balapan.

Dengan kondisi trek tingkat cengkeraman rendah yang membuat banyak pengendara terjebak, pembalap Italia itu menunggu waktunya sebelum memilih saat yang tepat untuk bergerak. Menyadari bahwa orang lain mulai berjuang dalam panas, ia meraih tempat ke-14 dengan 12 lap tersisa dengan menyalip dua pengendara sekaligus. Dia menjadi bagian dari kelompok yang akhirnya berjuang untuk posisi ke-11. Pembalap Yamaha itu menempati posisi ke-13, 33,168 detik dari posisi pertama.

Hasil hari ini membuat Quartararo memperpanjang keunggulannya di klasemen kejuaraan menjadi 22 poin, dengan total 147 poin, sementara Morbidelli tetap di urutan kesembilan belas dengan sekarang 22 poin. Setelah Putaran 9, Yamaha tetap di urutan kedua dengan 147 poin di kejuaraan Konstruktor, dan Monster Energy Yamaha MotoGP naik ke posisi kedua dengan 169 poin di kejuaraan Tim, hanya 2 poin di belakang pemimpin.

"Berada di serangan sejak awal harus menjadi rencana untuk hari ini. Kecepatan kami sangat bagus, dan saya tahu saya harus mengatur ban belakang saya, tetapi saya juga tahu bahwa, jika saya menempati posisi pertama, balapan akan menjadi hebat. Saya mengerem sangat terlambat di zona pengereman pertama, dan saya pikir saya akan melebar, tetapi saya berhasil mempertahankan posisi saya dengan baik. Itu adalah balapan yang sangat panjang. Saya memimpin dari tikungan pertama hingga akhir, jadi ini adalah kemenangan yang sangat konstruktif. Tentu saja, saya merasa jatuh. Saya mendorong begitu keras di lap pembukaan, tapi saya merasa seperti saya harus memberi lebih banyak selama balapan ini. Saya memiliki sedikit margin tersisa. Saya sangat senang memiliki kemenangan ini di kantong! Saya benar-benar puas. Saya merasa 100%, dan saya mengendarai sepeda seperti mengendarai skuter saya di rumah - itu milik saya! Saya menyukainya, dan saya sangat menikmatinya. Saya selalu meningkatkan motor dan hal yang sangat bagus adalah saya bisa berpikir saat mengendarai dan itu adalah sesuatu yang sangat sulit saat mengendarai dengan kecepatan itu," Ucap Fabio Quartararo.

Tim akan kembali ke jalurnya besok untuk Tes IRTA satu hari. Setelah itu mereka akan kembali beraksi dalam waktu dua minggu untuk Liqui Moly Motorrad Grand Prix Deutschland di Sachsenring, yang diadakan pada 16-19 Juni 2022.

Sumber : https://www.yamahamotogp.com