MOTOGP / News

Quartararo Podium Kedua di Mugello, Italy

30-05-2022

https://www.yamaharacingindonesia.co.id

Pembalap Monster Energy Yamaha MotoGP, Fabio Quartararo bertarung seperti singa hari ini untuk merebut tempat kedua yang brilian di Gran Premio d'Italia Oakley. Hasilnya memperpanjang keunggulan kejuaraannya dengan 4 poin menjadi 8 poin secara total. Franco Morbidelli juga menunjukkan semangat juang dalam balapan kandangnya dan tim. Menyelesaikan putaran pembukaan di tempat ke-24, ia naik ke peringkat untuk finis di urutan ke-17.

Pembalap Monster Energy Yamaha MotoGP Fabio Quartararo mengendarai Yamaha YZR-M1-nya ke posisi kedua yang luar biasa di Autodromo Internazionale del Mugello, memperpanjang keunggulan kejuaraannya menjadi 8 poin. Franco Morbidelli harus pulih dari sektor pembukaan yang kurang diinginkan tetapi melakukannya dengan ketabahan. Dia naik dari posisi terakhir setelah tikungan pertama ke posisi 17 melintasi garis finis.

Sebuah awal yang kuat dari Quartararo dari P6 melihatnya menyerbu menuju tikungan pertama berdampingan dengan lima pembalap mulai di depannya. Pembalap Prancis itu mendapat tempat, dan meskipun bertukar posisi singkat dengan Aleix Espargaró ia menyelesaikan lap pertama di tempat kelima.

El Diablo dengan berani menyalip beberapa rival dan pindah ke posisi kedua di lap 4. Dia menggunakan karakter gesit dari YZR-M1 secara maksimal di bagian-bagian sirkuit yang berkelok-kelok dan membuat motornya selebar mungkin di trek lurus. Namun, dia masih harus membiarkan Francesco Bagnaia lewat. Tetapi dengan 18 lap tersisa, Quartararo tahu bahwa jika dia bisa bertahan dengan dua pebalap terdepan, balapan mungkin akan menghampirinya di tahap akhir karena pebalap Yamaha itu menggunakan ban belakang yang keras.

Pada lap 11 ia melancarkan serangan pertamanya ke Marco Bezzecchi dan membuatnya menempel. Kembali di posisi kedua, ia mengejar Bagnaia sementara masih harus menahan Bezzecchi dan Luca Marini. Setelah beberapa lap yang diperebutkan dengan ketat, ia berhasil melepaskan diri dari pebalap Mooney VR46. Meskipun dia tidak mampu menutup jarak dengan yang pertama, dia merayakan tempat kedua dan perpanjangan empat poin dari keunggulannya di klasemen kejuaraan saat dia melewati garis finis, 0,635 detik dari yang pertama.

Morbidelli tidak memiliki awal yang dia harapkan. Meluncur dari P23 di grid, dia mendapati dirinya berada di posisi terakhir setelah Sektor 1. Satu-satunya cara adalah naik, jadi pahlawan tuan rumah menyingsingkan lengan bajunya dan mulai bekerja. Dia menempati lima tempat, dan dengan tiga pebalap lain yang pensiun dari balapan, pebalap Italia itu menempati posisi ke-18 pada lap 8.

Pembalap nomor 21 itu fokus pada ritmenya dan mampu mengejar Michele Pirro. Setelah Enea Bastianini jatuh, Morbidelli berjuang untuk posisi ke-16 dan dia melewati Pirro di lap 21. Jarak dengan pembalap di depannya terlalu besar untuk dijembatani oleh pembalap Italia itu di beberapa lap terakhir, dan di garis finis dia tersingkir. posting oleh Darryn Binder. Dia mengakhiri balapan di posisi ke-17, 20,296 detik dari posisi pertama.

“Saya tidak berpikir bahwa akan mendapatkan podium hari ini. Tetapi sebelum balapan saya percaya pada diri saya sendiri dan berkata 'Saya memiliki kecepatan untuk berada di 5 besar hari ini' dan kami menempati posisi kedua. Menurut saya, ini merupakan salah satu balapan terbaik dalam karir saya. Tentu saja, saya lebih suka menang, tapi saya senang berada di podium setelah balapan yang sulit seperti ini. Saya melakukan start yang baik dan menyalip dengan baik, meski tergelincir dengan depan dan belakang. Sebelum balapan saya merasa tidak enak dengan motornya. Selama balapan itu tidak sempurna, tapi itu lebih baik, dan saya bisa merasakan di mana batasnya. Saya suka mengendarai sepeda saya, saya mengalami sangat menyenangkan, dan saya bisa mendapatkan hasil yang sangat bagus. Kami melakukan pekerjaan yang luar biasa!"

Hasil hari ini membuat Quartararo tetap memimpin klasemen kejuaraan dan meningkatkan total poinnya menjadi 122, sementara Morbidelli sekarang berada di urutan kesembilan belas dengan 19 poin. Setelah Babak 8, Yamaha tetap di urutan kedua dengan 122 poin di kejuaraan Konstruktor dan Monster Energy Yamaha MotoGP terus memegang posisi ketiga dengan 141 poin di kejuaraan Beregu.

Tim akan kembali beraksi minggu depan untuk Gran Premi Monster Energy de Catalunya di Circuit de Catalunya-Barcelona, yang diadakan pada 3-5 Juni.

Sumber : https://www.yamaha-racing.com