MOTOGP / News

Quartararo sebagai Raja Baru di Sachsenring, Jerman

20-06-2022

https://www.instagram.com/yamahaindonesia/

Fabio Quartararo dari Monster Energy Yamaha MotoGP tidak terkalahkan di Motorrad Grand Prix Deutschland hari ini. Dia menunjukkan kekuatan fisik dan mental yang luar biasa dalam kondisi sulit untuk meraih kemenangan brilian, yang pertama di tanah Jerman. Balapan dalam kondisi panas di Sachsenring terkenal sulit, tetapi Franco Morbidelli menggunakan pengalamannya untuk membuat lemon menjadi limun. Meski start dari P20 dan panas menyebabkan masalah dengan tekanan ban, ia finis di posisi ke-13.

Quartararo mereplikasi strateginya dari GP Catalan dengan sempurna. Dia memiliki peluncuran roket dari P2 untuk mengambil holeshot di depan Francesco Bagnaia. Pembalap Yamaha itu memiliki kecepatan yang terik dan mencoba melepaskan diri. Pada lap 4 Bagnaia tersingkir di Tikungan 1, meninggalkan jarak lebih dari 1,1 detik antara nomor 20 dan pengejar terdekatnya, El Diablo.

Masih ada 26 lap panas lagi yang harus dilalui di sirkuit Sachsenring yang rumit. Secara teori, tantangan nyata bagi orang Prancis yang baru pulih, yang terkena cerobong asap di awal akhir pekan. Namun, ia berhasil mempertahankan waktu putarannya yang luar biasa. Dia menjaga konsentrasinya dan melaju kencang menuju kemenangan brilian, dengan keunggulan 4,939 detik. Ini adalah kemenangan ketiganya dan podium keenam musim ini.

Morbidelli memulai dari P20 di grid dan menavigasi lap pembuka dengan baik untuk menutup lap pertama di tempat ke-17. Dengan 5 lap pertama menyebabkan beberapa korban, ia naik ke urutan ke-15. Dia berada di belakang motor Andrea Dovizioso dan menyalipnya di lap ke-15.

Saat panas semakin tak tertahankan, pebalap nomor-21 itu melewati Dovizioso, dan Maverick Viñales serta Pol Espargaró mundur dari balapan karena masalah teknis. Pembalap Yamaha itu naik ke posisi 12 tetapi mendapat tekanan dari Raul Fernandez, yang harus ia biarkan pada lap 24. Ia kemudian fokus menyelesaikan balapan, mempertahankan posisinya dan melewati garis di urutan ke-13, dengan selisih 29,014 detik dari pertama.

“Saya merasa sakit sepanjang akhir pekan, tetapi yang paling penting adalah kami menyelesaikannya dengan cara yang baik. Saya sangat konsisten sepanjang balapan, pertama mengendalikan jarak dengan Johann, dan kemudian menyelesaikan balapan dengan jarak yang jauh tidak masalah. Ini adalah langkah maju untuk kepercayaan diri kami dalam balapan. Itu 30 lap, saya tidak bisa membuat kesalahan, dan saya harus mengontrol kecepatan dan ban belakang. Ini merupakan balapan yang hebat,” ucap Fabio Quartararo.

Hasil hari ini membuat Quartararo memperpanjang keunggulannya di klasemen kejuaraan menjadi 34 poin, dengan total 172 poin, sementara Morbidelli tetap di urutan ke-19 dengan sekarang 25 poin. Setelah Putaran 10, Yamaha tetap di tempat kedua dengan 172 poin di kejuaraan Konstruktor, dan Monster Energy Yamaha MotoGP naik ke posisi pertama dengan 197 poin di kejuaraan Beregu.

Tim akan kembali beraksi minggu depan di TT Assen di Belanda, yang diadakan dari 24-26 Juni 2022.

Sumber : https://www.yamahamotogp.com